BUKU KESEHATAN LINGKUNGAN

SILAHKAN UNDUH APLIKASI ANDROID UNTUK BLOG WWW.ARDADINATA.COM

Kebersamaan dalam Persamaan Hak (Al-Musawah)

Persamaan hak akan terjadi, bila hal-hal yang menyebabkan pertentangan dan perpecahan dapat ditanggalkan antara lain fanatisme golongan, keturunan, kekayaan, kebangsawanan, warna kulit, dll. Dalam hal ini, Islam memandang bahwa diantara kaum muslimin sama haknya menurut syari’at, yakni dalam hal tanggung jawab dan kemampuan-kemampuannya dalam memikul kewajiban syar’i serta dalam masalah balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. Islam memperkokoh prinsip kesamaan karena semua orang dinilai dari satu sudut pandang, yaitu ketakwaannya.
     Sebagai contoh, kita ambil kasus perselisihan antara Abu Dzar dengan Bilal yang sedang memperdebatkan suatu permasalahan di hadapan Rasulullah saw. karena marahnya sampai-sampai Abu Dzar berkata kepada Bilal: “Hai anak si kulit hitam!”. Seketika itu Nabi Muhammad saw menegurnya. “Hentikan segera …. Hentikan segera … Sungguh tidak ada kelebihan satu dengan yang lainnya kecuali dengan amal saleh.” Abu Dzar baru sadar setelah melihat dan mendengar …

Membangun Remaja Berwawasan Kependudukan

Baca Juga

LEMBAGA internasional Population Institute di Washington membuat ringkasan tentang kependudukan dunia yang cukup menarik. Jumlah Penduduk dunia tumbuh dengan sekira 80 juta setahun dan 97% dari pertumbuhan penduduk itu berada di negara-negara berkembang. Yang juga sangat menarik adalah bahwa karena upaya untuk membantu pertumbuhan penduduk yang wajar belum seluruhnya berhasil, maka sekira 3 milyar penduduk remaja akan memasuki masa reproduksi, dan dengan pasti akan menambah jumlah penduduk dunia.

Dalam laporan tersebut, diungkap pula bahwa sekitar tahun 2025 penduduk Asia dan Afrika akan mencapai jumlah sekira 6,5 milyar, melebihi jumlah penduduk dunia sekarang. Ini berarti, masalah remaja akan menjadi masalah yang sangat hangat dan menarik di kawasan Asia dan Afrika.

Sementara itu, keprihatinan yang belum bertambah baik juga adalah menyangkut kesehatan ibu dan anak. Lebih dari 600.000 ibu-ibu akan meninggal dunia karena komplikasi kehamilan dan persalinan. Alasannya terkesan klise, yaitu sekira 1 milyar penduduk tidak mempunyai akses terhadap kesehatan dasar dan lebih dari 2,3 milyar tidak mempunyai sanitasi yang memadai.

Oleh karena itu, tidak mustahil bahwa lebih dari 8 juta bayi di bawah umur satu tahun meninggal dunia setiap tahun. Atau kasarnya ada sekira 22 ribu bayi di dunia ini meninggal dunia setiap harinya (termasuk di dalamnya bayi di Indonesia).

Menyadari kenyataan fakta tersebut, maka sudah seharusnya kita membangun remaja masa depan melalui pembangunan yang berwawasan kependudukan. Salah satunya ialah dengan mengetahui informasi kesehatan reproduksi bagi remaja (terutama wanita) sejak dini mungkin, sehingga ia mampu menjaga, memelihara dan merawatnya dengan baik.

Bentuk kesehatan reproduksi remaja yang perlu dipahaminya tidak lain menyangkut tentang pelayanan kesehatan ibu dan anak; pelayanan keluarga berencana (KB), dan ginekologi (terutama infeksi, kanker ginekologi, kelainan endokrin dan kelainan seksual).

Semoga informasi ini bermanfaat dan kepada redaksi, saya ucapkan terima kasih atas dimuatnya tulisan ini.***

Arda Dinata, adalah praktisi kesehatan, pengusaha inspirasi, pembicara, trainer, dan motivator di Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia.


POPULAR POSTS

Kenapa Suami Marah & Berkata Kasar?

Teknologi Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit Dengan Sistem Biofilter Anaerob-Aerob

Tangga-tangga Kesuksesan Seorang Wirausahawan

Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam

8 Jenis Penyakit Paru Patut Diwaspadai Wanita

Perkembangan Psikoseksual Anak

Perilaku Orang Tua Mempengaruhi Perilaku Anaknya

Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Orang Tua dan Perkembangan Agama Anak

ILMU MENJADI KAYA

ARSIP ARTIKEL

Show more
| INSPIRASI | OPINI | OPTIMIS | SEHAT | KELUARGA | SPIRIT | IBROH | JURNALISTIK | BUKU | JURNAL | LINGKUNGAN | BISNIS | PROFIL | BLOG ARDA DINATA | ARDA TV |
Copyright © MIQRA INDONESIA

Jl. Raya Pangandaran Km. 3 Babakan RT/RW. 002/011 Pangandaran - Jawa Barat