Kolom Arda Dinata

Menjadi (Penulis) Unggul

Posted by. on 23 November 2011



PENULIS itu merupakan pribadi yang punya visi misi. Jadi, seorang penulis itu pastinya punta potensi yang tercermin dari isi tulisannya. Untuk itu, jadilah penulis yang memiliki sifat dan karakter pribadi unggul. Orang  unggul adalah buah dari keimanan yang kental. Ia merupakan kekayaan yang tinggi nilainya dalam kehidupan manusia. Untuk itu, sejak awal kita harus berusaha memburu keilmuan itu sebagai bekal dalam membangun kehidupan.

Berikut ini, ada beberapa nilai menjadi tonggak amalan bagi seorang yang pengen menjadi (penulis) unggul , yaitu:
      1.      Ikhlas. Ikhlas itu inti dari setiap ibadah dan perbuatan seseorang.
2.      Amanah. Sifat mulia ini mesti diamalkan setiap orang. Amanah adalah asas ketahanan ummat, kestabilan negara, kekuasaan, kehormatan dan roh kepada keadilan. 
3.      Adil. Bersifat adil berarti menempatkan/meletakan sesuatu pada tempatnya. Adil juga tidak lain berupa perbuatan yang tidak berat sebelah.
4.      Bersyukur. Pada tataran menjadi pribadi unggul ini haruslah seorang (penulis) itu harus selalu bersyukur. 
5.      Tekun.  Ketekunan ini tidak lain adalah usaha dengan rajin, keras hati dan bersungguh-sungguh. 
6.      Disiplin. Perilaku ketaatan pada aturan dan tata tertib. Untuk itu, berdisiplin dalam menjalankan suatu kerja akan dapat menghasilkan mutu kerja yang cemerlang. 
7.      Sabar. Yaitu sifat tahan menderita sesuatu (tidak lekas marah; tidak lekas patah hati; tidak lepas putus asa; dsb) –tenang--. Di dalam menghadapi cobaan hidup, ternyata kesabaran ini sangat penting untuk membentuk individu/pribadi unggul. 
Penulis, pendiri Majelis Inspirasi Alquran & Realitas Alam (MIQRA) Indonesia.
Catatan: Penjelasan selengkapnya baca di: 7 AKHLAK PRIBADI UNGGUL.


Blog, Updated at: 2:58 PM

0 komentar:

Post a Comment

Buku Pernikahan

Buku Kesehatan

Buku Kesehatan

 

Powered by Blogger.
Aku tinggalkan untuk kamu sekalian dua hal. Jika kalian mau berpegang teguh kepadanya niscaya kamu sekalian tidak akan sesat selama-lamanya, dua hal itu adalah kitab Allah (al-qur’an) dan sunnah Rasul-Nya (al-Hadits). (HR Imam Malik)
| Tips Cepet Hamil | Cara Merawat Bayi |Tips Wajah Cantik |
PRchecker.info