BUKU KESEHATAN LINGKUNGAN

SILAHKAN UNDUH APLIKASI ANDROID UNTUK BLOG WWW.ARDADINATA.COM

Kebersamaan dalam Persamaan Hak (Al-Musawah)

Persamaan hak akan terjadi, bila hal-hal yang menyebabkan pertentangan dan perpecahan dapat ditanggalkan antara lain fanatisme golongan, keturunan, kekayaan, kebangsawanan, warna kulit, dll. Dalam hal ini, Islam memandang bahwa diantara kaum muslimin sama haknya menurut syari’at, yakni dalam hal tanggung jawab dan kemampuan-kemampuannya dalam memikul kewajiban syar’i serta dalam masalah balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. Islam memperkokoh prinsip kesamaan karena semua orang dinilai dari satu sudut pandang, yaitu ketakwaannya.
     Sebagai contoh, kita ambil kasus perselisihan antara Abu Dzar dengan Bilal yang sedang memperdebatkan suatu permasalahan di hadapan Rasulullah saw. karena marahnya sampai-sampai Abu Dzar berkata kepada Bilal: “Hai anak si kulit hitam!”. Seketika itu Nabi Muhammad saw menegurnya. “Hentikan segera …. Hentikan segera … Sungguh tidak ada kelebihan satu dengan yang lainnya kecuali dengan amal saleh.” Abu Dzar baru sadar setelah melihat dan mendengar …

Jangan Berhenti Berusaha

Baca Juga

"Banyak hal penting di dunia ini dicapai oleh orang-orang yang terus berusaha meskipun tampaknya tidak ada harapan." [Dale Carnegie].
JANGAN BERHENTI BERUSAHA
Oleh: Arda Dinata

KALAU Anda ingin menikmati dunia yang indah ini, maka bergeraklah. Jangan diam, teruslah bergerak mencari keindahan tersebut. Sesuatu yang Anda inginkan itu harus dicari dan diusahakan. Tidak hanya menunggu saja. Apalagi hanya berpangku tangan dan sekedar mengharapkannya saja dalam pikiran.

Fenomena bergerak, sesungguhnya banyak diajarkan dari fenomena alam yang ada di sekitar kehidupan manusia. Ambil contoh, keberadaan air. Air itu akan menyegarkan dan menyehatkan bila kondisinya mengalir (bergerak). Dan sebaliknya bila kondisi air di suatu tempat itu diam, maka bisa dipastikan lokasi tersebut akan menjadi sumber dan penularan bibit penyakit. Selain menjadi sumber penyakit, air yang diam pun akan berpotensi menimbulkan bau yang tidak sedap.

Pada konteks ini, bergerak itu setali dengan berusaha. Artinya dalam hidup ini, bila kita ingin hidupnya berdaya dan berguna untuk orang lain, jalan keluarnya adalah kita harus selalu bergerak. Yaitu bergerak mencari sesuatu yang bisa memberdayakan diri kita. Orang berdaya itu pasti memiliki sesuatu yang bisa dibagikan pada orang lain. Orang berdaya juga akan dibutuhkan oleh orang lain.

Kata  Dale Carnegie, "Banyak hal penting di dunia ini dicapai oleh orang-orang yang terus berusaha meskipun tampaknya tidak ada harapan." Ungkapan ini harusnya menjadi pemacu kita untuk lebih produktif dalam menjalani kehidupan ini. Dengan terus berusaha akan berdampak pada ketekunan. Dengan ketekunan, kita akan menjadi ahli dan menguasai sesuatu yang kita tekuni. Puncaknya, lewat usaha yang terus menerus itu akan menghadirkan sesuatu yang menurut orang kebanyakan tidak mungkin, akan menjadi mungkin atas ijin Yang Maha Kuasa.

Ayo....hidup yang hanya sekali ini, jangan disia-siakan. Ingat tiap manusia itu memiliki peluang yang sama untuk sukses dalam hidupnya. Kuncinya ada pada kemauan, tekad, dan perilaku berusaha yang kita lakukan sehari-hari. Untuk itu, jangan pernah berhenti untuk berusaha. Kemajuan itu secara nyata dilahirkan dari usaha-usaha yang telah dilakukan seseorang secara terus menerus, tekun dan pantang menyerah dalam mengarungi kehidupan keseharian.

Bagaimana menurut Anda?*** 





Pekerjaan sebagai Penulis Lepas dan PNS
http://miqraindonesia.com
Arda Dinata
@ardadinata

Arda Dinata, pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam/ MIQRA Indonesia, www.miqraindonesia.com 


Arda Publishing House
Pusat Pustaka Ilmu, Inspirasi dan Motivasi Menjadi Orang Sukses
Jl. Raya Pangandaran Km. 3 Kec. Pangandaran - Ciamis Jawa Barat 46396
http://www.ardadinata.web.id


POPULAR POSTS

Kenapa Suami Marah & Berkata Kasar?

Teknologi Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit Dengan Sistem Biofilter Anaerob-Aerob

Tangga-tangga Kesuksesan Seorang Wirausahawan

Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam

8 Jenis Penyakit Paru Patut Diwaspadai Wanita

Perkembangan Psikoseksual Anak

Perilaku Orang Tua Mempengaruhi Perilaku Anaknya

Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Orang Tua dan Perkembangan Agama Anak

ILMU MENJADI KAYA

| INSPIRASI | OPINI | OPTIMIS | SEHAT | KELUARGA | SPIRIT | IBROH | JURNALISTIK | BUKU | JURNAL | LINGKUNGAN | BISNIS | PROFIL | BLOG ARDA DINATA | ARDA TV |
Copyright © MIQRA INDONESIA

Jl. Raya Pangandaran Km. 3 Babakan RT/RW. 002/011 Pangandaran - Jawa Barat