- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Kebersamaan dalam Persamaan Hak (Al-Musawah)


Persamaan hak akan terjadi, bila hal-hal yang menyebabkan pertentangan dan perpecahan dapat ditanggalkan antara lain fanatisme golongan, keturunan, kekayaan, kebangsawanan, warna kulit, dll. Dalam hal ini, Islam memandang bahwa diantara kaum muslimin sama haknya menurut syari’at, yakni dalam hal tanggung jawab dan kemampuan-kemampuannya dalam memikul kewajiban syar’i serta dalam masalah balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. Islam memperkokoh prinsip kesamaan karena semua orang dinilai dari satu sudut pandang, yaitu ketakwaannya.

     Sebagai contoh, kita ambil kasus perselisihan antara Abu Dzar dengan Bilal yang sedang memperdebatkan suatu permasalahan di hadapan Rasulullah saw. karena marahnya sampai-sampai Abu Dzar berkata kepada Bilal: “Hai anak si kulit hitam!”. Seketika itu Nabi Muhammad saw menegurnya. “Hentikan segera …. Hentikan segera … Sungguh tidak ada kelebihan satu dengan yang lainnya kecuali dengan amal saleh.” Abu Dzar baru sadar setelah melihat dan mendengar marahnya Nabi Muhammad saw, lalu ia menyesali perbuatannya, dan meletakkan pipinya di atas tanah seraya berkata kepada Bilal bin Rabah: “Bangunlah …. Tamparlah pipiku ini.”
     
      Di sini, tentunya dalam upaya mewujudkan persamaan hak sesama manusia, maka kita dintuntut untuk mampu membangun keadilan terhadap diri sendiri dan orang lain. Artinya kita harus menempatkan perbedaan yang ada itu sebagai suatu jalan amal ibadah untuk membangun kebersamaan dalam perbedaan dan diantara kita hendaknya tidak terlalu menonjolkan diri atau kelompoknya. Sebagai contoh bagaimana harmonisnya anggota tubuh kita. Ada jantung, mata, telinga, hidung. mulut, tangan, kaki, dll. yang masing-masing tidak pernah iri terhadap yang lainnya. Tapi ia saling mendukung satu sama lain sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tidakkah kita mau belajar dari anggota tubuh kita ini?

Arda Dinata, pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam/ MIQRA Indonesia, www.miqraindonesia.com