- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Rumah Sehat Jubata Etnik Dayak Kanayatn Kabupaten Landak

RADAKNG: Rumah Sehat Jubata Etnik Dayak Kanayatn Kabupaten Landak


Radakng ialah sebutan untuk Rumah Panjang yang didiami Etnik Dayak Kanayatn di Desa Saham Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak. Rumah Panjang disebut juga dengan Rumah Betang. Dinamakan Rumah Panjang karena bentuknya memanjang. Padahal, didalamnya terdiri dari petak-petak rumah yang saling bersatu.

Pembagian rumah ini sama, yaitu ada tangga untuk naik ke pantai’ (tempat menjemur). Dari pantai’ terus masuk ke sami’ (ruang pertemuan/ tamu). Baru selanjutnya masuk ke bagian rumah yang inti. Untuk bagian inti ini, pembagian kamar maupun ruangan lainnya tiap rumah berbeda-beda disesuaikan besar kecilnya rumah dan selera pemiliknya.

Radakng ini merupakan rumah yang kaya akan arti dan makna. Jadi, lebih hanya sekedar sebagai bangunan untuk tempat tinggal, tapi kehidupan sosial masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat, tradisi budaya dan kehidupan bersama (gotong royong). Tepatnya, nilai-nilai dari keJubata-an Radakng itu menyehatkan kehidupan para penghuninya. 

Jadi, dapat dikatakan kalau Radakng ini dari struktur bangunan sangat unik dan kehidupan para penghuninya masih menjaga adat nenek moyang Etnik Dayak Kanayatn, seperti adat nyarapa, naik dango, nabo padagi, nabo panyugu , batalah, dan adat perkawinan.

Untuk itu, keberadaan Rumah Panjang sangat layak untuk dipertahankan dan menjadi percontohan bagi daerah lainnya tentang bagaimana mengharmoniskan antara nilai budaya dengan nilai kesehatan buat masyarakatnya.  


| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |
FBARDA DINATA
Twitter@ardadinata
Instagram: @arda.dinata
BBMC00447A8B
Telegramardadinata