- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Ciri-Ciri Demam Berdarah pada Anak


Meningkatkan trombosit pada demam berdarah adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan ketika seseorang terserang penyakit yang disebabkan oleh Aedes aegypti ini. Hal itu dikarenakan belum ada obat khusus untuk menyembuhkan demam berdarah, baik pada anak maupun orang dewasa. Jambu biji adalah salah satu makanan yang berfungsi untuk meningkatkan trombosit. Karena itulah penderita demam berdarah sering disarankan untuk banyak mengonsumsi jambu biji.


Yang patut diwaspadai dari penyakit ini adalah penyakit ini sering menyerang anak-anak. Rasa keingintahuan untuk menjelajah berbagai tempat membuat mereka tidak sadar pergi ke tempat di mana nyamuk Aedes aegypti bersarang. Untuk itu, perlu dilakukan pengawasan terhadap anak dan juga mengetahui ciri-ciri anak yang terkena demam berdarah karena sekali lagi, obat demam berdarah anak belum ada secara khusus.

Ciri-Ciri Demam Berdarah pada Anak

1. Demam tinggi


Seperti namanya, ciri pertama dari penyakit demam berdarah adalah demam. Anak akan mengalami demam hingga mencapai suhu tubuh 40 derajat celcius. Banyak orang tua yang menganggap demam ini hanya demam biasa dan kurang melakukan penanganan. Padahal jika dibiarkan, demam berdarah akan berakibat fatal bagi anak.

2. Bintik-bintik merah


Ciri demam berdarah pada anak selanjutnya adalah munculnya bintik-bintik merah disertai ruam di sekujur tubuh. Virus dengue yang sedang menyerang sistem pembekuan darah dalam tubuh adalah penyebab gejala ini muncul. Jika tanda ini terlihat, segera lakukan penanganan dengan membawa ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

3. Lemas dan lesu


Selain muncul bintik merah, anak yang menderita demam berdarah akan merasa lemas dan lesu. Anak akan merasakan nyeri di belakang mata dan wajah anak akan terlihat sangat pucat. Jika anak merupakan tipe yang aktif, hal ini akan sangat terlihat perbedaannya, yaitu tampak malas dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas seperti biasanya.

4. Mimisan dan Muntah Darah


Dalam fase kritis, anak penderita demam berdarah sering mengalami pendarahan. Pendarahan tersebut bisa berupa mimisan atau muntah darah berwarna hitam. Dalam fase ini, anak harus segera mendapatkan penanganan dengan tepat. Jika tidak, nyawa anak akan menjadi taruhannya karena fase ini adalah fase puncak kritis dari demam berdarah.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu (Adv).