- / / : Untuk Kerjasama dan Iklan, Hub. WhatsApp No. 081284826829

Cara Merawat Luka Pada Penderita Diabetes


Diabetes membuat penderitanya mengalami iritasi pada kulit. Biasanya akan muncul gatal di area badan, seperti kaki dan jari-jari kaki. Pasien harus lebih sabar karena penangganan luka tersebut lebih lama jika dibandingkan dengan gatal biasa. Kondisi ini disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi akan merusak sistem imun dalam tubuh dan saraf lainnya.

Sedangkan untuk kamu yang membutuhkan info mengenai obat luka bakar bisa langsung kunjungi link https://www.goapotik.com/promo/obat-luka-bakar-paling-ampuh-dan-obat-luka-bakar-parah. Luka yang basah dan terbuka akan rentan terkena infeksi jamur, dan bakteri. Hal tersebut akan lebih memperparah luka itu sendiri. Sehingga memperlukan merawatan khusus bagi pasiennya.


Cara Merawat Luka Diabet

1. Bersihkan Luka
Luka yang terbuka dan basah harus mendapat perhatian khusus. Kamu perlu membersihkan luka dengan air mengalir, kemudian bilas dengan kain bersih, dan oles salep antibiotik yang direkomendasikan dokter. Setelah itu, barulah kamu balut dengan perban. Selain itu, pastikan kain pembalut bersih dan lakukan pergantian.

2. Hindari Tekanan Pada Luka
Luka diabetes akan semakin parah, ketika penderita sering menekannya. Ada baiknya, kamu menggunakan celana yang tidak terlalu ketat. Secara tidak langsung berkurangnya tekanan akan mempermudah penyembuhan pada luka tersebut. Ketika luka berada di jari kaki lebih baik kamu melapisinya dengan bantalan empuk.

3. Atur Kadar Gula
Luka akan cepat kering, saat kamu memperhatikan dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Mulailah untuk melakukan olah raga, makanan dan minuman yang sehat, menyuntikan insulin, dan lakukan kontrol pada dokter. Yang tidak kalah penting mulai belajar berpikir positif dan lakukan berbagai hal yang menyenangkan.

4. Kenali Infeksi
Infeksi untuk luka diabetes memiliki gejala yang bisa dikenali. Seperti, pembekakan pada luka. Demam, keluar cairan dari luka, rasa sakit, dan kemerahan. Semakin cepat kamu mengenali gejala infeksi tersebut akan kian cepat penangganannya.

5. Penuhi Asupan Makan
Cara lain untuk merawat luka diabetes adalah dengan memenuhi asupan makanan yang dibutuhkan tubuh. Seperti, protein, mineral,lemak, serat, dan nutrisi lain untuk menjaga kekuatan fisik si pasien. Kondisi seperti ini, keluarga wajib memberi banyak semangat.


Mencegah Munculnya Luka Baru
- Potong kuku dengan hati-hati.
- Periksakan kondisi kaki.
- Pakai alas kaki yang nyaman.
- Ada baiknya hindari rokok.
- Rutin periksakan diri ke dokter
Demikianlah cara merawat dan mengobati luka pada pasien diabetes. Penyakit ini memiliki gejala dini yang tidak terlalu signifikan. Tetap jalin komunikasi dengan tubuh. Imbangi dengan gaya hidup sehat, mengatur pikiran untuk tetap fresh, dan lakukan berbagai hal yang membuat kamu senang. Kamu punya pilihan untuk sehat. Jadi, tidak perlu mengambil risiko untuk sakit.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu. (Adv.)